Zumi Zola Ditahan KPK Setelah Jadi Tersangka Korupsi Rp 6 Miliar

loading...

Zumi Zola Ditahan KPK Setelah Jadi Tersangka Korupsi Rp 6 Miliar

Zumi Zola Ditahan KPK Setelah Jadi Tersangka Korupsi Rp 6 Miliar Zumi Zola © merdeka.com/Dwi Narwoko

Kapanlagi.comZumi Zola kini punya fase baru dalam kasus korupsi yang menjeratnya. Gubernur Jambi yang juga pernah menjadi aktor ini diduga menerima gratifikasi sejumlah proyek. Atas kasus tersebut, Zumi Zola ditetapkan Komis Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai tersangka pada Februari lalu. Tapi saat itu ia masih bertugas sebagai gubernur.

Zumi Zola kembali terlihat di gedung KPK pada hari Senin (9/4/2018). Setelah menjalani pemeriksaan penyidik KPK, pria berusia 38 tahun itu terlihat mengenakan rompi tahanan berwarna orange yang menjadi ciri khas pelaku korupsi saat keluar sekitar pukul 18.48 WIB.

“ZZ ditahan 20 hari pertama di Rutan cabang KPK di kavling C-1,” ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi atas penahanan Zumi Zila.

Saat terlihat memakai rompi orange, tak ada kata yang keluar dari mulut Zumi Zola. Ia bungkam dan memilih langsung masuk ke dalam mobil tahanan KPK.

Zola saat datang ke KPK© merdeka.com/Dwi NarwokoZola saat datang ke KPK© merdeka.com/Dwi Narwoko

Untuk kasus gratifikasi sejumlah proyek di Provinsi Jambi, bukan cuma Zumi Zola yang ditetapkan sebagai tersangka. Plt Kadis PUPR Arfan juga menjadi tersangka kasus dugaan penerimaan gratifikasi proyek di Dinas PUPR Provinsi Jambi. Dalam kasus tersebut, Zumi Zola dan Arfan diduga menerima gratifikasi Rp 6 miliar dari beberapa kontraktor. Uang itu disinyalir diberikan sebagai “uang ketok palu” kepada anggota DPRD Jambi.

Kasus yang menjerat Zumi Zola ini merupakan pengembangan dari kasus suap pengesahan APBD 2018. Dalam kasus pengesahan APBD Jambi ini, KPK lebih dulu menetapkan empat orang tersangka. Keempat tersangka itu, yakni anggota DPRD Provinsi Jambi Supriyono, Plt Sekda Jambi, Erwan Malik, dan Asisten Daerah III Syaifuddin.

Reporter: Fachrur Rozie
Sumber: Liputan6.com

(kpl/lip/pit)

Editor:

Rahmi Safitri

Sumber : Kapanlagi.com

Zumi Zola Ditahan KPK Setelah Jadi Tersangka Korupsi Rp 6 Miliar was last modified: April 10th, 2018 by Dewi Yolanda
tags: , , , , , , , , ,