Waah…, Para Istri Eyang Subur Tolak Fatwa MUI

loading...

Mereka (para istri Eyang Subur) juga akan gugat MUI

Para Istri Eyang SuburTak hanya ‘gerah’ dengan pemberitaan miring seputar suami mereka, istri-istri Eyang Subur pun keberatan dengan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI). Fatwa itu antara lain meminta Subur menceraikan 4 dari 8 istrinya.

Lewat kuasa hukum, istri Subur yang kini tinggal 7 itu menegaskan penolakan mereka untuk bercerai dengan pria yang dinilai menyimpang oleh MUI tersebut.

“Ketujuh istrinya mau ketemu dengan ketua majelis ulama (soal fatwa menceraikan istri), tapi mereka tidak mau menerima,” ujar kuasa hukum Made Rahman saat mendampingi tiga istri Subur yang tampil secara live di acara SOS di Studio ANTV, Kuningan, Jakarta Selatan, (1/5/2013).

Selama ini, Subur dinilai menggunakan cara-cara yang tidak semestinya untuk menikahi perempuan-perempuan yang kini istrinya. Namun, hal itu dibantah oleh para istri tersebut.

Bagi mereka, meski harus hidup berbagi suami, selama ini para istri Subur merasa rumah tangga mereka tenteram dan harmonis.

“Majelis itu harusnya memberikan rasa aman dan tenteram, bukan malah menimbulkan kemudharatan. Mereka tahu apa yang mereka lakukan tak melanggar akidah,” ujar Made.

***********

Para istri Eyang Subur mengaku kecewa dengan salah satu fatwa MUI yang menyatakan suaminya hanya boleh menikah dengan 4 orang istri. Istri-istri Subur yang kini berjumlah 7 orang itu pun kini angkat bicara.

Lewat kuasa hukum, istri-istri Subur menilai, fatwa MUI yang meminta Subur menceraikan 4 dari seluruh istrinya itu tak memiliki landasan hukum yang baku sesuai undang-undang negara.

“Kalau hukum sudah memutuskan untuk bercerai, tidak ada warga negara yang bisa melanggarnya. Tapi jika hanya fatwa, itu bisa dipertanyakan,” ujar kuasa hukum Made Rahman saat mendampingi tiga istri Subur yang tampil di acara SOS di Studio ANTV, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (1/5/2013) siang.

Menurut Made, para istri Subur telah meminta pertimbangan lebih lanjut kepada MUI setelah fatwa itu dikeluarkan. Namun MUI tak menanggapinya, dengan alasan fatwa tersebut sudah final.

Kini, istri-istri Subur yang dipimpin oleh istri pertama Heri Mahwati berniat menggugat lembaga tersebut.

“Kita sudah menyampaikan keberatan atas fatwa tersebut. MUI tidak menjawab karena katanya itu adalah fatwa final. Nah, kemungkinan saya akan menggugat MUI ke pengadilan agama paling lambat hari Senin (6/5/2013),” tutur Made.

Mewakili keempat istri lainnya, tiga istri Subur yang muncul hari ini bicara banyak tentang rumah tangga mereka dengan Subur. Dalam acara TV yang disiarkan secara langsung itu, ketiganya menampik semua anggapan miring yang dituduhkan kepada suaminya.

“Kenapa kita yang delapan yang dimasalahin? Banyak di luar sana ada yang punya 30 istri,” tunjuk Heri Mahwati.

Mereka (para istri Eyang Subur) juga akan gugat MUI. ref:detikHot

Waah…, Para Istri Eyang Subur Tolak Fatwa MUI was last modified: May 1st, 2013 by Dewi Yolanda
tags: , ,