Ada Cerita Menarik Dibalik Pembebasan Sementara Raffi Ahmad

loading...

Ada indikasi penekanan terhadap Raffi Ahmad yang dilakukan BNN menurut mantan tim pengacara Raffi

Raffi Ahmad+BNNPada Sabtu (27/4/2013), Raffi Ahmad akhirnya bisa bernapas lega setelah mendapat penangguhan penahanan. Namun, ada cerita lain di balik pembebasan sementara Raffi.

Salah satu ceritanya yaitu, Raffi kini sudah tidak lagi menggunakan jasa tim pengacara Hotma Sitompoel. Hal itu diakui oleh salah satu tim Hotma, Gloria Tamba saat bincang-bincang dengan detikHot, Minggu (28/4/2013) malam.

Gloria pun mengungkapkan kalau Badan Narkotika Nasional (BNN) yang minta Raffi agar tidak menggunakan jasa mereka lagi.

“Sangat disayangkan BNN tidak menjaga wibawa lembaganya dengan menempuh tindakan yang melanggar hukum, memaksa Raffi melepas kuasa dari kantor kami. Secara hukum, tindakan BNN tersebut sangat tidak etis dan menghina profesi advokat,” ujar Gloria.

“Per Sabtu (27/4/2013) kemarin, sebelum Raffi dikeluarkan dari Lido. BNN sudah siapkan surat agar Raffi lepas kuasa dari kami,” lanjutnya.

Tak hanya itu, Gloria mengatakan BNN juga minta agar Raffi mencabut pengaduannya ke Majelis Kehormatan Disiplin Kedokteran Indonesia dan Komnas HAM.

“Raffi dipaksa cabut pengaduan di MKDKI sama Komnas HAM juga,” tuturnya.

Sayangnya terkait hal itu, ibunda Raffi, Amy Qanita belum mau berkomentar. “Belum bisa bicara kalau itu, Raffi akan bicara nanti,” ujar Amy.

Sementara, sampai saat ini, pihak BNN juga belum bisa dimintai komentar terkait hal-hal yang telah diungkapkan oleh Gloria Tamba.

*********

Ditangguhkannya penahanan Raffi Ahmad oleh BNN ternyata membawa permasalahan lain. Raffi yang kini memilih ‘jalan sendiri’ menghadapi kasusnya tanpa didampingi kuasa hukum, dinilai mantan pengacaranya Hotma Sitompoel cs karena ada tekanan.

“Dia terpaksa dan tertekan secara psikologis. Daripada Raffi tetap ditahan di tempat rehab,” ujar anggota tim pengacara Raffi, Gloria Tamba saat dihubungi via telepon oleh DetikHOT, Senin (29/4/2013).

Gloria menuding BNN selama ini banyak melakukan pelanggaran terhadap mantan klien-nya itu. Berbagai alasan pun seakan dibuat-buat oleh BNN untuk menyeret Raffi bersalah.

“BNN sebagai lembaga hukum tidak sepantasnya mempertontonkan pelanggaran hukum. Semestinya BNN menunjukkan bagaimana seharusnya hukum ditegakkan,” urai Gloria.

“Ada surat (permohonan bebas dari ibunya Raffi), tapi ditolak oleh BNN. Tapi akhirnya disiapkan sendiri oleh BNN. Makanya saya bilang batal karena disiapkan sendiri oleh BNN,” lanjutnya.

Menurutnya kasus Raffi pun tak harus dilanjutkan secara hukum. Mewakili tim pengacaranya yang lain, Gloria mengungkapkan bahwa sejak awal BNN tak memiliki dasar apapun untuk menjebloskan Raffi ke tahanan.

“Kenapa harus lanjut ke persidangan? Toh dari awal tidak ada dasar hukumnya. Kami yakin jaksa nggak bakal terima (berkas perkara),” papar Gloria.

Ada indikasi penekanan terhadap Raffi Ahmad yang dilakukan BNN menurut mantan tim pengacara Raffi. ref:detikHot

Ada Cerita Menarik Dibalik Pembebasan Sementara Raffi Ahmad was last modified: April 29th, 2013 by Dewi Yolanda
tags: , ,