Home » Artis » Artis Bule » Bintang Film » Bintang Iklan » Bintang Sinetron » General » Hot News » Model » music » Olah ragawan » Pemain Band » Pengusaha » Penyanyi » Penyanyi Dangdut » Presenter » Seleb Fresh » 5 Artis Non-Muslim yang Ikut Puasa di Bulan Ramadhan

5 Artis Non-Muslim yang Ikut Puasa di Bulan Ramadhan

Share/Bookmark

Berpuasa merupakan kewajiban bagi umat Muslim di Dunia, tak terkecuali Indonesia. Mereka menjalankannya sebagai ibadah yang memang dilakukan setiap tahunnya. Termasuk salah satunya adalah para artis yang bekerja di dunia entertainment.

Ternyata ada beberapa artis non-muslim juga melakukan ibadah puasa. Mereka melakukannya karena alasan ingin menghormati dan bagian dari toleransi.

Siapa saja mereka ? Berikut ulasannya.

1. Bertrand Antolin

Aktor tampan Bertrand Antolin mengaku bahwa dirinya sering kali harus ikut puasa karena kebanyakan temannya adalah muslim.

Apalagi jika sedang syuting, jika ingin makan dirinya pun tidak bisa sembarangan.

betrand antolin puasa

“Saya non muslim cuma mayoritas temen saya muslim, kadang saya ikut puasa karena nggak mungkin makan di lokasi syuting,” ujar Bertrand.

Alasannya? “Toleransi aja, kita menghormati lah. Kita nggak mungkin makan di depan orang puasa. Nggak mungkin saya makan di depan mereka,” lanjutnya.

Bertrand juga mengaku bahwa dirinya sempat beberapa kali ikut puasa.

“Hari pertama ikut puasa. Empat atau lima kali lah udah ikut puasa. Kalau pas lagi kerja ya semua pada puasa aku ikut puasa,” lanjutnya sembari menyatakan bahwa dirinya juga sekalian menguruskan badan ketika berpuasa.
2. Angel Pieters

Penyanyi Angel Pieters mengaku ikut menghormati umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa. Angel bahkan mengaku pernah ikut berpuasa.

“Ada beberapa orang keluarga aku puasa. Malah aku kadang-kadang ikutan puasa,” ujar Angel Pieters.

angel pieters puasa

Puasa versi Angel memang berbeda dengan puasa umat muslim pada umumnya. Di pagi hari, Angel masih makan, lalu ia makan lagi pada jam enam sore, pada waktu orang-orang berbuka puasa.

“Tapi paginya makan, terus kalau aku pergi aku rasanya kayak puasa,” ungkap Angel Pieters.

Toleransi antar umat beragama sangat dikedepankan Angel. Meski non muslim, jebolan Idola Cilik ini tidak akan menjadikan puasa untuk candaan.
Oleh karena itu, dirinya memilih untuk tidak makan di depan teman-temannya yang sedang menjalankan ibadah puasa.

“Sangat menghargai, itu kan ibadah ya, nggak aku buat becanda, itu ibadah. Aku juga menjalani puasa walau nonmuslim,” tegasnya.
3. Donnie Ada Band

Vokalis Ada Band, Donnie Sibarani mengaku suka ikut berpuasa walaupun ia bukan seorang muslim. Donnie bahkan memiliki pengalaman tak terlupakan saat berpuasa di bulan Ramadhan tahun 2007 lalu.

doni ada band

“Saya suka ikutan puasa pas bulan Ramadan. Sekalian hormatin orang yang lagi puasa, juga biar diet. Pernah yang terberat saat ikutan puasa, barengan sama jadwal manggung. Saya sampai pusing tetapi puasa tetap jalan,” ujar Donnie.

Walau sedang puasa, Donnie juga melakukan aktivitas yang berat seperti nge-gym. Semua itu dilakukan Donnie karena dirinya memang suka tatangan.

“Saya dasarnya suka iseng, suka tantangan,” tambahnya.
4. Olivia Jansen

Si cantik Olivia Lubis Jansen juga ikut berpuasa ketika masuk bulan Ramadan. Dia melakukan itu demi menghormati temannya yang menjalankan puasa.

Meski awalnya terasa berat, namun aktris film “Bukan Cinta Biasa” tersebut mengaku senang bisa ikut berkumpul untuk acara buka puasa bersama.
olivia jansen puasa
“Karena aku nonmuslim, seneng sih aku bisa ikut bergabung sama teman buka puasa bareng, have fun. Aku pun ngerasa seneng banget karena bisa bersosialiasi dengan mereka,” ungkap Olivia.

Olivia mengaku, keinginannya untuk ikut berpuasa datang dari lubuk hati, bukan karena dipaksa teman-temannya.

“Pernah batal gara-gara nggak kuat nahan haus, jadi buka deh,” ujarnya.

 

5. Haruka JKT 48

Salah satu personel JKT 48, Haruka Nakagawa bukanlah pemeluk Islam. Namun, itu tak menghentikannya untuk ikut berpuasa bersama rekan-rekannya yang muslim.

Wanita asal Jepang ini mencoba berpuasa sehari penuh.

haruka jkt 48

“Tahun lalu ikut juga. Acara sahur aku ikut juga. Aku ikut aja. Tahun ini, aku juga ikut puasa,” ujar Haruka saat ditemui baru-baru ini.

Dia juga menjadikan puasa sebagai diet.

“Biar sehat. Kadang ini bisa dijadikan diet juga,” ujarnya.

Selain itu, puasa yang dilakukannya juga untuk semakin mengeratkan persaudaraan di antara personel JKT 48.

“Awalnya lapar, tapi jadi suka. Seru-seruan aja sih aku. Iya, puasa full,” lanjutnya.